Selasa . 9 Agustus 2022

Sambutan Ketua GAPKI cabang Kalimantan Barat

 

feature-top

Sebagai komoditas yang memiliki peran strategis dalam memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional, maupun Kalimantan Barat, maka luas perkebunan kelapa sawit di kalimantan barat saat ini sudah menembus angka 1,7 juta ha dengan produksi mencapai 3,4 juta ton atau tingkat produktivitas 2,6 ton/tahun (data Dinas Perkebunan Prov. Kalbar tahun 2018). Perkembangan yang pesat selama 10 tahun terakhir, merupakan indikasi semakin membaiknya iklim investasi, sehingga kami sebagai pelaku usaha perkebunan kelapa sawit didaerah ini merasakan tenang dan aman dalam melaksanakan kegiatan dilapangan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan taktis dan strategis yang ditetapkan oleh pimpinan daerah dalam bentuk peraturan daerah, peraturan gubernur maupun peraturan bupati, serta pelayanan teknis yang diberikan oleh satuan kerja perangkat daerah (skpd) terkait baik ditingkat provinsi maupun kabupaten. Untuk itu atas nama Gapki Cabang Kalbar dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan Bapak Bupati se-Kalbar, dan tentunya menjadi komitmen kami pula untuk tetap memelihara suasana kondusif ini dalam berbagai aktifitas dilapangan.

GAPKI sebagai wadah bagi pelaku usaha industri kelapa sawit di kalbar, berperan membangun kebersamaan & sinergi sesama anggota serta memediasi untuk mewujudkan pengembangan kelapa sawit yang efisien, sehat dan berkelanjutan dengan stake holder terkait lainnya, pada saat ini perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat sebanyak 326 perusahaan belum secara keseluruhan bergabung dalam wadah Gapki cabang Kalbar.

Sampai dengan akhir Maret 2020, tercatat penambahan anggota Gapki Cabang Kalbar sebanyak 65 perusahaan. Kami mengajak teman-teman perusahaan perkebunan kelapa sawit yang belum terdaftar dalam wadah Gapki Kalbar kiranya dapat segera bergabung guna mewujudkan organisasi yang tangguh serta menjadikan komoditi kelapa sawit kalbar sebagai komoditi primadona yang mampu dikelola secara efisien, sehat, berdaya saing dan berkelanjutan dapat diwujudkan. Hal ini sejalan dengan himbauan Bapak Gubernur Kalimantan Barat melalui surat nomor 525/4282/disbun/XII/2019 tanggal 5 Desember 2019. Kata kunci untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah “membangun kebersamaan”.

Kami dan atas nama jajaran pengurus Gapki Cabang Kalbar mengucapkan terima kasih kepada para anggota dan semua pihak atas kepercayaannya sehingga kami diberikan kesempatan untuk mengemban tugas organisasi selama periode 2020 – 2025 Dengan semangat kebersamaan dan saling bahu membahu mari kita wujudkan usaha agribisnis kelapa sawit yang efisien, sehat, berdaya saing dan berkelanjutan di kalbar.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr, Wb

Purwati Munawir

Ketua cabang

Generic placeholder image

 

Organisasi yang diberi nama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Febuary 1981, merupakan representasi dan wadah komunikasi, konsultasi, fasilitasi serta advokasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia dengan pemerintah, antar pengusaha Kelapa Sawit baik dalam maupun luar negri serta pemangku kepentingan lainya dalam rangka mewujudkan iklim usaha kelapa sawit yang sehat berdaya saing dan berkelanjutan.